Thursday 14 October 2010

Kinds of Hijab in The World

Assalamu'alaikum

Hijab dan Niqab
Di Mesir, jilbab atau scarf terbagi dalam dua jenis, Hijab dan Niqab. Hijab adalah scarf yang menutupi kepala, sedangkan Niqab adalah sejenis topeng jubah yeng tertutup. Trend mengenakan scarf semakin bertumbuh pesat sejakal awal 1980-an.

Kiri: Hijab - Kanan: Niqab

Gina
Gina adalah scarf bagi wanita Badui Rashidi, di negara Sudan. Gina digunakan untuk seorang wanita yang sudah menikah. Bentuknya tebal, bagian bawah lebih besar dari bagian atas. Bagian bawah untuk menutupi bahu, dada, dan punggung. Ujung atasnya menyempit melekat erat di sekitar wajah. Sisi belakang ujung atasnya melekat pada atas kepala. Bagian lain dari ujung atas ditarik di seluruh wajah, tepat di depan dagu. Bagian bawah dagu longgar dapat ditarik ke atas, sehingga menutupi hidung dan mulut. Beberapa versi dihiasi dengan ratusan manik-manik yang mengelilingi wajah.

Gina

Sitara
Sitara adalah tradisional scarf wanita Afganistan. Digunakan ketika berpergian ke luar rumah. Bentuknya yang dari katun berukuran besar menutupi kepala dan tubuh. Ada satu lapisan kain yang menutupi dan melindungi muka dari angin, dan terdapat celah-celah lubang untuk melhat. 

  Sitara

Scarf segi empat

Kain scarf segi empat adalah bahan kain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia sebagai kerudung. Banyak muslimah mengenakan scarf segi empat karena sangat mudah digunakan dan terlihat sederhana. Muslimah yang mengenakan scarf segi empat tersebar di negara Indonesia, Malaysia, Turki, Iran, dan beberapa negara di Eropa.

scarf segi empat versi Turki

scarf segi empat versi Iran

scarf segi empat versi Indonesia.

Wassalamu'alaikum

No comments:

Post a Comment