Friday 1 May 2015

Al Qur'an is My Lifestyle

Assalamu'alaikum



Setiap muslim tentunya ingin memiliki hidup yang tentram, aman, dan damai dalam lindungan-Nya. Dan juga berharap dijauhkan dari gangguan syaitan yang terkutuk. Apalagi syaitan sebagai musuh yang nyata tak henti-hentinya melakukan berbagai cara untuk menggelincirkan setiap Muslim dari keimanan. Sehingga hidup dalam kegelisahan, kebimbangan, keraguan bahkan kemunkaran dan kekafiran.

Oleh karena itu, sangat wajar jika setiap Muslim mendamba kehidupan bahagia dan aman dari gangguan syaitan. Dan bagaimanakah agar kehidupan kita selamat dari gangguan syaitan? Allah dan Rasul-Nya telah memberikan 'senjata' dan cara agar benar-benar selamat dari gangguan syaitan.

Membaca Al Quran merupakan salah satu ibadah yang utama karena memberikan banyak manfaat kepada para pembacanya baik membacanya dengan lancar atau tidak. Nah, mau tau apa saja menfaat dari membaca Al Quran?

1. Mendapatkan pahala
Rasulullah saw bersabda: "Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al Quran)', maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. At-Tirmidzi). Rasulullah saw juga bersabda: "Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan Miim datu huruf." (HR. Tirmidzi)

2. Memberikan kehormatan bagi kedua orang tua
"Siapa saja membaca Al Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, 'bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?' Dijawab, 'karena anakmu telah membawa Al Quran". (HR. Al Hakim)

3. Mendapatkan syafaat di hari kiamat
"Bacalah Al Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at kepada para ahlinya." (HR. Muslim)

4. Mendapatkan ketenangan
"Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah swt, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah dihadapan para makhluk dan disisi-Nya." (HR. Abu Dawud).
"... Dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram." (QS. 13: 28)

5. Membuat tubuh lebih sehat
"Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat; madu dan Al Quran." (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas'ud)

Nah, setelah tahu tentang manfaat membaca Al Quran dari beberapa ayat dan hadits di atas, sekarang silahkan dibuktikan dengan melakukan ibadah ini. Alhamdulillah sejak ada komunitas One Day One Juz, saya semakin bersemangat membaca Al Qur'an setiap harinya. Ada teman yang menyemangati kalau kita belum membaca Al Quran, atau menjadi semangat kalau ada teman melapor kalau dia sudah membaca lebih dari satu juz per hari. Masya Allah... Dan banyak sekali yang saya dapat dengan membacanya setiap hari. Kalau kita merasa bisa mencari ketenangan dari hal-hal duniawi, seperti punya rumah besar dan nyaman, ketenaran, atau harta yang berlimpah, pandangan ini keliru. Karena setelah saya merutinkan membaca Al Quran, saya merasa hidup saya jauh lebih tenang dan merasa cukuplah Allah bagi saya di dunia ini. Tak ada rasa sedih bila rezki kurang. Tak ada rasa kecewa jika karya kita dibajak orang lain. Dan tak ada rasa sedih jika tak dipedulikan orang. Karena semua yang kita lakukan di dunia ini sesungguhnya diniatkan hanya untuk mencari ridha-Nya. Wallahu 'alam bishawab...


Wassalamu'alaikum

5 comments:

  1. Subhanallah, banyak banget manfaat Al-Qur'an. Tulisan yang bagus kak! :)

    ReplyDelete
  2. menginspirasi sekali ....;terimakasih

    ReplyDelete
  3. Subhanallah..
    Bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  4. subhanallah, begitu banyak nya manfaat Al-Qur'an :)

    ReplyDelete