Monday 8 February 2016

Throwback Fitri Aulia on Jakarta Fashion Week 2016

Assalamu'alaikum

Masih ingat dengan koleksi premium brand saya, FITRI AULIA, di ajang Jakarta Fashion Week 2016 di bulan Oktober yang lalu? Nighttide Alteration dari brand Fitri Aulia ini merupakan konsep dasar dari busana ready-to-wear KIVITZ Spring/Summer 2016 yang akan datang. Maka dari itu, konsep koleksi KIVITZ Spring/Summer 2016 nanti tidak akan terlalu jauh dari koleksi yang telah ditampilkan di JFW 2016.

Kembali lagi di masa hari ketika show dilaksanakan. Sekitar pukul 12.00 saya melakukan Press Conference beserta teman-teman dari Lasalle College Jakarta untuk memberi sedikit penjelasan di hadapan beberapa rekan-rekan media yang hadir mengenai koleksi yang akan ditampilkan jam 15.30 nanti di Fashion Tent. Kami mempresentasikan bergantian kurang lebih sekitar 5-10 menit.


Sebenarnya saya sudah pernah membahas mengenai konsep koleksi Nighttide Alteration ini di blog post ini. Namun kali ini saya ingin memperlihatkan lebih detail dari koleksi ini.

Look 1: Redwood Dress
Dress berbahan dari Songket Aceh dipadukan dengan pleated fabric di bagian bawahnya. Detail beads pada bagian atas menambah kesan elegant pada outfit ini. Because red is a statement.



Redwood Dress

Look 2: Petal Top and Ardeness Skirt
Top abu-abu dengan aplikasi pleated dengan detail bordir dan 3D embellishment di bagian ujung lengannya. Di-mix dengan printed satin duchess dengan detail beads disetiap pattern pucuk rebung. FYI, pucuk rebung merupakan pattern khas yang berasal dari Aceh. Saya tambahkan belt dengan tambahan bros Pintu Aceh untuk styling.


Petal Top

Ardennes Skirt (Maroon)

Look 3: Amazon Dress
Dress dari Songket Aceh, saya tambahkan detail bordir dan beads di dalam bordir gold tersebut. Full bordir dan beads ada dibagian depan dan belakang pakaian ini. Pada bagian bawah disatukan dengan pleated fabric warna hitam yang elegan.



Amazon Dress

Look 4: Daintree Dress
Dress hitam dengan aksen tumpuk, dipadukan dengan outer dengan lonceng sleeve ini cukup berbeda dari design Nighttide Alteration yang lainnya. Detail beads tabur ada di bagian tumpukan pada dress di bagian bawah, berikut detail embellishmet pada outer bagian atas.



Daintree Dress

Look 5: Monteverade Dress
Loose dress dengan potongan A-line dengan berwarna hijau dengan detail embellishment di bagian depan, detail tersebut dialasi dengan tenun songket Aceh berwarna gold. Terdapat juga detail pleats di bagian belakang.




Look 6: Sagano Dress
Dress glamour dengan kombinasi Songket Aceh, beads dan pleated fabric hingga bagian bawah dress ini, terdapat embellishment di bagian depan dan belakang yang terbuat dari Songket Aceh.



Sagano Dress

Look 7: Beads Top and Ardeness Skirt
Inner top berwarna abu-abu dipadukan dengan outer dari bahan organza dengan detail bordir dan embellishment bunga-bunga berwarna gold. Outer ini dipadukan dengan skirt printed satin duchess berwarna biru dengan aksen beads mengelilingi rok tersebut. 


Ardeness Skirt

Beads Top

Look 8: Valdivian Dress
The last is my favorite! Outfit ini nampak lebih simple and clean, namun sangat elegant. Dengan detail embellishment bermotif pucuk rebung di bagian bahu pada long cape ini. Saya merancang sesuatu yang berbeda pada long cape-nya yaitu terbuat dari pleated fabric yang panjang hingga ke bawah. Dengan warna bold biru gelap, outfit ini tampak lebih sophisticated and elegant.



Valdivian Dress

Kalau sedang flashback melihat kembali koleksi saya di atas, teringat akan perjuangan dalam men-design dan memproduksi ini semua. Kurang tidur karena selalu bolak-balik ke workshop untuk meering bersama pattern maker. Tapi Alhamdulillah... Semua sudah terlewati. Semoga ada kesempatan lagi untuk mengikuti ajang besar seperti ini sehingga saya bisa berkarya lebih baik lagi.

Wassalamu'alaikum

1 comment:

  1. Alhamdulillah senang banget liat koleksi 0mb Fitri yg mengangkat songket aceh sbg iconnya. Sbg org aceh sy ikut bangga. Lanjutkan ya mb. Alhamdulillah jg sy bs ketemu n ft ber2 mb Fitri di ajang hijabday kmrn di kokas. Smg dilain wkt kita bs ketemu n bincang2 lbh byk. Lobe U dek. Semangaaaat😊😍

    ReplyDelete